PENGERTIAN TENTANG UROLOGI

Selasa, 13 September 2011

"Apa Itu Urologi?" 

Urologi adalah khusus bedah yang berfokus pada saluran kemih laki-laki dan perempuan, dan pada sistem reproduksi laki-laki. Profesional medis yang mengkhususkan diri di bidang urologi disebut urolog dan dilatih untuk mendiagnosa, mengobati, dan mengelola pasien dengan gangguan urologis. Organ ditutupi oleh urologi termasuk ginjal, ureter, kandung kemih, uretra, dan organ reproduksi pria (testis, epididimis, vas deferens, vesikula seminalis, prostat dan penis). Baik urologist dan Ahli Bedah Umum beroperasi pada kelenjar adrenal.
Pada pria, sistem saluran kencing tumpang tindih dengan sistem reproduksi, dan pada perempuan saluran kemih membuka ke vulva.
Dalam kedua jenis kelamin, saluran kemih dan reproduksi berdekatan, dan gangguan dari satu sering mempengaruhi yang lain. Urologi mengkombinasikan manajemen medis (non-bedah) masalah seperti infeksi saluran kencing dan hiperplasia prostat jinak, serta masalah bedah seperti manajemen operasi kanker, koreksi kelainan bawaan, dan inkontinensia stres mengoreksi.
Urologi adalah terkait erat dengan, dan dalam beberapa kasus tumpang tindih dengan, bidang onkologi medis, nefrologi, ginekologi, andrologi, bedah anak, gastroenterologi, dan endokrinologi. Sebagai suatu disiplin yang melibatkan studi tentang banyak organ dan sistem fisiologis, urologi dapat dipecah menjadi subbidang. Di pusat yang lebih besar dan terutama rumah sakit universitas, urolog banyak sub-spesialisasi dalam bidang tertentu urologi.
Endourology adalah cabang urologi yang berhubungan dengan prosedur bedah minimal invasif. Sebagai lawan untuk membuka operasi, endourologi dilakukan menggunakan kamera kecil dan alat dimasukkan ke saluran kemih. Secara tradisional, operasi transurethral telah menjadi landasan endourologi. Melalui urethra, saluran kemih lengkap dapat tercapai, yang memungkinkan operasi prostat, operasi tumor dari urothelium, operasi batu, dan prosedur uretra dan saluran kemih sederhana.
Laparoskopi merupakan cabang yang berkembang pesat Urologi dan telah diganti beberapa prosedur bedah terbuka. Operasi dibantu robot dari prostat, ginjal, dan ureter telah memperluas bidang ini. Saat ini, mayoritas prostatectomies di Amerika Serikat dilakukan dengan pembedahan robotik. Hal ini telah menciptakan kontroversi, namun, sebagai mesin yang sangat mahal, membutuhkan tim bedah yang berdedikasi, memiliki biaya pemeliharaan yang tinggi, dan sampai saat ini manfaat hanya terbukti dari prostatektomi robot ke yang terbuka adalah kehilangan darah kurang.
Onkologi urologi menyangkut pengobatan bedah genitourinari penyakit ganas seperti kanker prostat, kelenjar adrenal, kandung kemih, ginjal, ureter, testis dan penis. Pengobatan kanker genitourinari ofadvanced medis dikelola oleh salah Urologi atau suatu Onkologi tergantung pada kanker.
Neurourology keprihatinan kontrol sistem saraf dari sistem genitourinari, dan kondisi menyebabkan buang air kecil normal. Penyakit neurologis dan gangguan seperti multiple sclerosis, penyakit Parkinson, dan cedera sumsum tulang belakang dapat mengganggu saluran kemih bawah dan menghasilkan kondisi seperti inkontinensia, overactivity detrusor, retensi urin, dan sfingter detrusor dyssynergia. Studi Urodynamic memainkan peran diagnostik yang penting dalam neurourology. Terapi untuk gangguan sistem saraf termasuk kateterisasi intermiten bersih diri kandung kemih, obat antikolinergik, injeksi toksin Botulinum ke dinding kandung kemih dan canggih dan terapi kurang umum digunakan seperti neuromodulation sakral.
Kurang ditandai kelainan neurologis dapat menyebabkan gangguan urologis serta-misalnya, kelainan sistem saraf sensorik diperkirakan oleh banyak peneliti untuk memainkan peran dalam gangguan buang air kecil sakit atau sering (misalnya kandung kemih sindrom yang menyakitkan, sebelumnya dikenal sebagai sistitis interstisial).
Urologi urologi pediatrik kekhawatiran gangguan pada anak. Gangguan tersebut termasuk cryptorchism (testis yang tidak turun), kelainan bawaan pada saluran kemih genito-, enuresis, alat kelamin terbelakang (karena pertumbuhan pubertas tertunda atau terlambat, seringkali merupakan masalah endokrinologis), dan refluks vesicoureteral.
Andrologi berfokus pada sistem reproduksi laki-laki. Hal ini terutama berkaitan dengan infertilitas pria, disfungsi ereksi dan gangguan ejakulasi. Karena seksualitas laki-laki sebagian besar dikendalikan oleh hormon, andrologi endokrinologi tumpang tindih dengan. Bedah dalam bidang ini mencakup prosedur pemupukan, pembalikan vasektomi, dan implantasi prostesis penis. Vasektomi juga dapat disertakan di sini meskipun urologist paling melakukan prosedur ini.
Rekonstruksi urologi membangun kembali fungsi saluran genito-kemih. Striktur uretra atau dari ureter sering membutuhkan bedah rekonstruksi. Prosedur lain sering adalah rekonstruksi dari kandung kemih dari usus kecil dalam hubungannya dengan operasi kanker. Bedah kosmetik seperti pembesaran penis adalah jarang dilakukan di urologi.
Urologi wanita adalah cabang berurusan dengan kandung kemih terlalu aktif, prolaps organ panggul, dan inkontinensia urin. Pengetahuan mendalam tentang dasar panggul perempuan bersama-sama dengan keterampilan urodynamic diperlukan untuk mendiagnosa dan mengobati gangguan ini. Tergantung pada penyebab masalah individual perawatan medis atau bedah dapat menjadi solusi. 

Artikel ini berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike . Ini menggunakan bahan dari artikel Wikipedia pada " Urologi "Semua bahan yang digunakan diadaptasi dari Wikipedia tersedia di bawah persyaratan Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike . Wikipedia ® itu sendiri adalah merek dagang terdaftar dari Wikimedia Foundation, Inc

Sumber

0 comments:

Poskan Komentar

Categories